Jumat, 06 Februari 2015

Program Kegiatan

JENIS PROGRAM YANG DILAKSANAKAN
1.     English Day, Science Day, Special Day, English Day, Games Day, Javanese Day                  
English day dilaksanakan setiap hari Senin, bertujuan untuk memperkenalkan bahasa internasional kepada anak sejak dini. Selain itu anak juga harus dikenalkan bahasa tradisonal, karena sekolah berada di Daerah Istimewa Yogyakarta maka bahasa yang digunakan yaitu bahasa jawa. Javanese Day digunakan di hari Jum'at. Selain itu anak juga diajak untuk belajar, bermain dan bereksperimen dengan yang ada di sekitar lingkungan dan kehidupan sehari - hari pada hari Selasa(Science Day). Ada juga Special Day pada hari Rabu, dimana anak diperkenalkan dengan macam - macam benda/ makanan disesuaikan tema. Misal tema binatang sub tema binatang di darat : anak diperkenalkan dengan ayam, bebek, kambing, sapi, dll (tetapi dalam bentuk boneka, kalu binatang langsung bu gurunya takut,,,,hehehhe). Sedangkan untuk Games Day dilaksanakan setiap hari Jum'at.
2.     Peringatan Hari Besar Islam dan Hari Besar Nasional                                
Peringatan hari besar islam diadakan kegiatan seperti pengajian. Untuk peringatan hari besar nasional diantaranya Peringatan Hari Kartini (Sekolah mengadakan fashion show dengan berpakaian adat), Peringatan Hari Kemerdekaan (Sekolah mengadakan berbagai macam lomba).
3.     Penyembelihan hewan Qurban                                                                        
Kegiatan ini diawali dengan latihan manasik haji. Kemudian melaksanakan penyembelihan hewan qurban pada hari terakhir tasyrik.
4.     Pengumpulan ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh,Wakaf)                                
Sebagai umat muslim pada setiap hari raya idul fitri kita diwajibkan untuk membayar zakat fitrah tidak terkecuali anak usia dini. Maka sekolah mengadakan pengumpulan ZISWAF, hasil pengumpulan disalurkan melalui Badan Amil Zakat Dompet Dhuafa.
5.     Syawalan                                                                                                          
Setiap idul fitri sekolah mengadakan syawalan, kegiatan ini bekerjasama dengan POMG. Dalam kegiatan ini juga ada Bakti Sosial, Pengajian dan juga Pengumpulan Dana untuk saudara kita di Palestina
6.     Pemeriksaan  Kesehatan                                                                                  
Bekerjasama dengan Puskesmas Sleman, dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Setiap hari Jum'at juga diadakan Jum'at Bersih meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan serta lingkar kepala, pengecekan telinga, rambut juga kuku.
7.     Kajian Psikologi Anak                                                                              
Sebelum anak masuk ke sekolah, sekolah mengadakan Psycotest untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan anak. Dan nanti hasil itu akan disampaikan kepada wali, kemudian akan ada kajian psikologi. Kegiatan ini bekerjasama dengan POMG, 
8.     Kegiatan Ekstra : Drumband, Seni Tari, Seni Lukis, Renang                  
Ekstra Drumband dilaksanakan setiap hari Kamis, Seni Tari dilaksanakan pada hari Jum'at, untuk Seni Lukis pada hari Senin dan Renang diadakan setiap 3 bulan sekali.
9.     Kegiatan Tutup Tahun : Out Bond , Piknik, Pentas seni                            
Dilaksanakan setia akhir tahun ajaran, dan juga ada wisuda untuk menyerahkan kembali anak yang sudah lulus agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan piknik yang sudah dikunjungi adalah Museum Dirgantara, Kebun Binatang Gembira Loka, Museum Gondang Legi, Kids Fun dan juga Kolam Renang Tirtonirmolo. Pentas Seni yang telah dilaksanakan bertempat di Taman Restoran Pringsewu juga di halaman sekolah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar